Alhudah Sonie Njoroge, Bos Kosmetik Kenya yang Mendunia

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 09:32 WIB
Alhudah Sonie Njoroge, Bos Kosmetik Kenya yang Mendunia
Alhudah Sonie Njoroge, Bos Kosmetik Kenya yang Mendunia
A A A
NAMA Alhudah Sonie Njoroge atau dikenal dengan Huddah Monroe langsung mencuat dan menjadi buah bibir di media sosial setelah tampil di sampul majalah ternama Harper’s Bazaar.

Siapakah Huddah? Apa yang membuatnya terpilih sebagai model sampul majalah tersebut? Huddah tampil bersama penulis Crazy Rich AsiaKevin Kwan, sosialitaasal Indonesia Adinda Bakrie, serta aktris kelahiran Meksiko Mireya Rios.

Di cover majalah itu, Huddah berpose duduk di atas sepeda mengenakan gaun ungu dan mantel bulu. “Terima kasih majalah Harper’s Bazaar telah membantu saya berbagi pengalaman pada edisi September 2019. Saya tidak pernah membayangkan akan berada di salah satu majalah mode terbesar dunia,” tulis Huddah di samping fotonya.

Huddah menjadi satu-satunya wanita Kenya yang tampil di sampul salah satu majalah top Amerika Serikat tersebut. “Satu-satunya yang kami miliki adalah kemiskinan. Satu-satunya yang tidak kami miliki adalah makanan. Sejak usia muda, saya ingin menjadi wanita mandiri, dan saya melihat peluang untuk memulai bisnis sendiri, sekaligus membantu wanita lain untuk merasa cantik,” ucapnya kepada Harper’s Bazaar.

Dikutip dari Capital FM, di sampul majalah untuk edisi September mendatang itu Huddah dijuluki Crazy Rich Angelenos,yang mengeksplorasi kehidupan para wanita cantik dan terkenal saat tinggal di Los Angeles.

Huddah menceritakan kisah kehidupannya dari masa susah hingga berhasil memiliki brand kosmetik sendiri, yakni Huddah Cosmetics, yang menawarkan lipstik matteterbaik. Majalah Harper’s Bazaarjuga menampilkan profil Huddah dan kisah tentang kekagumannya terhadap Kota Los Angeles (LA).

Menurut majalah tersebut, LA berada di urutan kedua sebagai tempat penjualan kosmetik milik Huddah. “LA telah menjadi sangat internasional dan ramah. Ini memberi saya kesempatan untuk berpakaian bagus. Setiap hari saya seperti pergi ke acara penghargaan,” katanya.

Huddah memang bukan selebriti Kenya biasa. Dijuluki sebagai The Boss Lady, perempuan yang akan berusia 28 tahun pada 10 Oktober mendatang ini menjadi salah satu selebriti kontroversial top asal Kenya yang mendunia.

Menurut Huddah, julukan The Boss Ladyadalah cerminan dari kerja keras dan tekadnya untuk selalu muncul sebagai atasan. Dilansir oleh Tuko, Huddah berusaha membangun perusahaan kosmetik bernama Huddah Monroe, seperti Rihanna dan Kylie Jenner.

Internet dan akun Instagrampribadi Huddah penuh dengan foto-foto dirinya yang mengenakan produk make-upsendiri. Berkat popularitasnya di jejaring sosial, semakin banyak wanita yang membeli produknya dan berhasil.

Huddah juga terkenal sebagai huddahthebosschickdi akun Instagram-nya yang memiliki lebih dari 1,3 juta pengikut. Di akunnya, Huddah terus memperbarui gaya hidup dan produk riasannya. Huddah juga pemilik toko kosmetik bernama Huddah Store.

Selain itu, dia diketahui kerap bepergian ke negara-negara Afrika lain untuk menghadiri pesta-pesta privat. Pada 2015 Huddah diberitakan sempat menghadiri pesta privat di Banana Island, Lagos, Nigeria. Dia mem-postingsemua aktivitasnya di akun Instagram.

Kabur dari Rumah
Masa kecil Huddah cukup keras. Dia lahir dan dibesarkan di Eastleigh, Nairobi, Kenya. Ayahnya berasal dari Somalia, sementara sang ibu dari Kikuyu. Ayah kandung Huddah meninggal dunia ketika dia masih kecil. Kemudian sang ibu menikah lagi dan di sinilah “malapateka” mulai terjadi.

Keempat saudara tiri dan ayah tiri Huddah terkadang mengubah hidupnya menjadi “neraka”. Huddah kecil mengalami kekerasan. Hal ini pula yang membuatnya melarikan diri dari rumah walaupun saat itu masih sangat kecil.

Huddah sempat bersekolah di SMA Kajiado Hills Girls Academy. Setelah lulus, dia mendaftar ke pendidikan studi komputer demi mengejar gelar diploma untuk jurusan pemrograman. Saat masih menjalani studi, Huddah mulai menjajal dunia model.

Dia bekerja ketika baru berusia 16 tahun sebagai sekretaris di sebuah perusahaan arsitektur. Namun, Huddah dinilai kurang berpengalaman dan dipecat. Kemudian berkat kecantikan alaminya, Huddah mendapat tawaran menjadi model di video musik milik Calif Records.

Dia pun masuk ke beberapa acara televisi, seperti acara Big Brother Africa 8 Showdi Afrika Selatan. Inilah yang menjadi pintu perkenalannya dengan dunia hiburan secara lebih luas. Di sisi lain, Huddah juga sempat tersandung kasus narkoba.

Dikutip dari Kenyanlife, Huddah mengatakan, berat badannya pernah turun drastis karena rehabilitasi yang dijalaninya. Namun, Huddah menegaskan dirinya tidak terjangkit HIV/AIDS.

Huddah akhirnya berhasil keluar dari jerat narkoba dan terus bekerja keras dalam tiap pekerjaannya. Dan, sepertinya kerja keras Huddah sudah terbayar manis saat ini. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7471 seconds (0.1#10.140)